Sebuah Langkah Untuk Menyukseskan Pesta Adat Pasola, Polres Sumba Barat Daya Ikut Serta Dalam Rapat Penentuan Jadwal Pasola Di Mbuku Bani

Sebuah Langkah Untuk Menyukseskan Pesta Adat Pasola, Polres Sumba Barat Daya Ikut Serta Dalam Rapat Penentuan Jadwal Pasola Di Mbuku Bani
Rapat Penentuan jadwal Pasola yang melibatkan Polres Sumba Barat Daya Bersama Para Rato, Camat setempat, para Kapolsek dan semua tokoh-tokoh terkait bertempat di Kampung Mbuku Bani, Desa Ate Dolo, Kec. Bondo Kodi, Kab. Sumba Barat Daya, hari Rabu (02/02/2022) Pukul 10.45 Wita.

TRIBRATA NEWS SUMBA BARAT DAYA : Dalam rangka melestarikan, melindungi, menjaga dan meneruskan budaya turun-temurun, Polres Sumba Sumba Barat Daya Ikut serta dalam rapat penentuan jadwal pelaksanaan pesta Pasola bersama Camat Bondo Kodi, Camat Kodi Belagar, Danramil 02 Kodi, Kabid Pariwitasa dan 
Para Rato Adat, Para Tokoh Adat,Tokoh Masyakat,Tokoh Agama, dan Para Tokoh Pemuda serta seluruh masyarakat yang terlibat dalam pelaksanaan rapat penentuan. 

Di bawah Pimpinan Kabag Ops Polres Sumba Barat Daya AKP MARSELINUS HALE yang didampingi Kasat Intel Polres IPTU Frumensius G. Dinong bersama Kapolsek Kodi dan Kapolsek Kodi Bangedo menghadiri rapat penentuan Pasola bertempat di Kampung Mbuku Bani, Desa Ate Dolo, Kec. Bondo Kodi, Kab. Sumba Barat Daya, hari Rabu (02/02/2022) Pukul 10.45 Wita. 

Dengan di bukanya rapat oleh Camat Bondo Kodi, bahwa pelaksanaan pesta adat pasola yang akan di gelar nantinya dengan ketentuan berdasarkan dampak pandemi Covid-19 di wilayah SBD, namun pemerintah bersama TNI-Polri dan instansi terkait akan akan selalu siap untuk memeriahkan pesta adat pasola dengan tetap mempedomani Prokes. 

Akan tetapi, sebelum menentukan jadwal pelaksanaan Pasola, Kabag Ops menyampaikan bahwa untuk menekan penyebaran Covid-19 agar  tidak menular, di harapkan kepada semua masyarakat yang ikut, dengan membawa kartu vaksin. 

Hal tersebut juga di kemukakan oleh Camat Kodi dan Para Kapolsek mengingat wabah Virus Corona yang tak kunjung usai. 

Pelaksanaan pesta pasola di tentukan oleh para rato-rato dengan wilayahnya masing-masing dan pelaksana Pasola di bulan Februari bertempat pada Pasola Homba Kalayo 22 Februari 2022, Pasola Bondo Kawango 24 Februari 2022, Pasola Rara Winyo 25 Februari 2022 dan Pesta Pasola di bulan Maret akan dilaksanakan pada Pasola Maliti Bondo Ate 24 Maret 2022, Pasola Waiha 25 Maret 2022 dan Pasola Wainyapu 26 Maret 2022.

Melihat dari laporan hasil rapat penentuan, Kapolres Sumba Barat Daya AKBP SIGIT HARIMBAWAN S.H., S.I.K., M.H. mendukung penuh pesta adat pasola yang akan di laksanakan, untuk itu kita saling menjaga melindungi di tengah wabah virus Corona dengan menaati prokes dan tidak lupa untuk membawa kartu Vaksin saat berada di tempat pasola (DM43).