Kapolda NTT Kunjungi Kampung Tangguh di Dusun I, Desa Kalena Wanno, Kec. Kota Tambolaka, Kab. Sumba Barat Daya

Kapolda NTT Kunjungi Kampung Tangguh di Dusun I, Desa Kalena Wanno, Kec. Kota Tambolaka, Kab. Sumba Barat Daya
Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum memberikan arahan dalam kunjungannya ke kampung tangguh di Ds. Kalena Wanno, Kec. Kota Tambolaka, Kab. Sumba Barat Daya. Kamis (11/03/2021)
Kapolda NTT Kunjungi Kampung Tangguh di Dusun I, Desa Kalena Wanno, Kec. Kota Tambolaka, Kab. Sumba Barat Daya

TRIBRATA NEWS SUMBA BARAT DAYA : Kunjungi Kampung Tangguh di Wilayah Hukum Polres Sumba Barat Daya, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Nusa Tenggara Timur (NTT) Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum bersama Ny. Evi Lotharia Latif, S.H dan rombongan yang terdiri dari Karo Ops Polda NTT Kombes Pol. Ulami Sudjaja, S.H dan Ibu, Karo Rena Polda NTT Kombes Pol. R. Dadik Junaedi Supri Hartono dan Ibu serta Dir Binmas Polda NTT Kombes Pol. Drs. Toufiq Tri Atmojo berangkat dari Kupang dengan menggunakan pesawat Polri Casa 212  P-4101 telah tiba di Bandara Tambolaka, Kab. Sumba Barat Daya. Kamis (11/03/2021) Pukul 09.58 WITA.

Kapolda NTT bersama rombongan disambut oleh Bupati Sumba Barat Daya an. dr. Kornelius Kodi Mete, Kapolres Sumba Barat Daya Akbp Joseph F. H. Mandagi, S.I.K., Dandim 1629 Sumba Barat Daya Letkol Inf Laode M. Sabaruddin, Waka Polres Sumba Barat Daya Kompol Yosef Taus Tilis, Plt. Sekda Kab. Sumba Barat Daya an. Bernardus Bulu, Kadis PMD Kab. Sumba Barat Daya an. Dominggus Bula dan Wadanyon Brimob Batalyon C Pelopor Akp Agus Silvester, SE.

Tak berselang lama, Kapolda NTT bersama rombongan langsung bergeser ke Kampung Tangguh yang berada di Dusun I, Desa Kalena Wanno, Kec. Kota Tambolaka, Kab. Sumba Barat Daya dalam rangka kunjungan kerja untuk melakukan pengecekan dan peninjauan langsung pelaksanaan kegiatan yang sudah dilaksanakan kampung tangguh.

Pada kunjungan itu, Kapolda NTT menyampaikan bahwa dirinya sangat mendukung kegiatan kampung tangguh yang mana dapat menjadi solusi dalam membantu masyarakat di tengah pandemi Covid – 19 saat ini.

"Saya menyambut baik kegiatan kampung tangguh, karena ini satu cara yang mengedepankan pola 3 M dan 3 T dengan melakukan pendekatan secara humanis dan bila di duga ada orang yang terpapar, kita berikan dia edukasi agar bisa ditangani dengan cepat dan dilakukan perawatan yang baik”, Ucap Kapolda NTT.

“Dengan adanya kampung tangguh, selain tangguh dalam hal kesehatan juga tangguh dalam hal ketahanan pangan karena selama masa pandemi banyak masyarakat yang tidak bekerja sehingga perekonomian masyarakat melemah dengan kegiatan kampung tangguh ini, saya harap bisa di tanggani secara bersama – sama”, tambah Kapolda NTT.

Seusai Kunjungan, Kapolda NTT dan rombongan melanjutkan giat tatap muka bersama personel Polres Sumba Barat Daya di Mapolres Sumba Barat Daya.

Kapolda NTT saat memberikan pembinaan kepada Personel Polres Sumba Barat Daya di Mapolres Sumba Barat Daya. Kamis (11/03/2021) Pukul 11.13 WITA.

Dalam tatap muka tersebut, terlebih dahulu Kapolres Sumba Barat Daya menyampaikan gambaran umum terkait situasi dan kondisi serta pelaksanaan program kampung tangguh di wilayah hukum Polres Sumba Barat Daya dimana sampai dengan saat ini telah launching 8 kampung tangguh dan minggu depan akan ada 4 kampung tangguh lagi yang siap dilaunching.

Kemudian pada kesempatannya, Kapolda NTT memberikan pembinaan dengan menekankan 16 Program Kapolri kepada personel dengan harapan agar personel Polres Sumba Barat Daya dapat menjabarkannya dalam pelaksanaan tugas.

“Harapan saya, para personel Polres Sumba Barat Daya dapat betul – betul memahami karakteristik wilayah tugasnya sehingga dapat menjaga Kamtibmas tetap kondusif dengan melaksanakan tugas Presisi sesuai dengan program Kapolri”, Ucap Kapolda NTT.

Kapolda NTT juga memotivasi seluruh personel Polres Sumba Barat Daya untuk terus disiplin dan mensyukuri pekerjaan atau apa yang telah diperoleh personel saat ini.

“Tidak ada organisasi yang besar tanpa didukung disiplin yang baik. Oleh karena itu, saya mau seluruh personel yang bertugas di Polres Sumba Barat Daya memperhatikan hal ini. Baik disiplin waktu, disiplin dalam bertugas dan disiplin dalam berbagai hal lainnya. Kita harus menjaga ini untuk nama baik Polri”, Ungkap Kapolda NTT.

“Kita harus mensyukuri pekerjaan kita, mengurangi pelaggaran. Apabila ada personel yang bermasalah, sebagai pimpinan, kita tegur dan bina personel kita. Personel Polri harus menjadi bagian dari solusi, jangan menjadi bagian dari masalah”, tegasnya.

Di akhir penyampainnya, Kapolda NTT juga menyampaikan bahwa penanganan Covid – 19 tetap menjadi prioritas kita saat ini.