Cegah Tindak Pidana Pembunuhan, Kapolres SBD Terjun Langsung Dalam Operasi Razia Sanjata Tajam

Cegah Tindak Pidana Pembunuhan, Kapolres SBD Terjun Langsung Dalam Operasi Razia Sanjata Tajam

TRIBRATA NEWS SUMBA BARAT DAYA : Mengutamakan kenyamanan masyarakat dan mengantisipasi dampak buruk yang terjadi, Polres SBD  melaksanakan Operasi Senjata Tajam (Sajam) di wilayah SBD dengan lokasi Operasi sepanjang jalan Wewewa dan Kodi Rabu (28/06/2023) Pukul 01.00 Wita.

Dengan di Pimpin langsung Kapolres SBD AKBP Sigit Harimbawan, S.H.,S.I.K.,M.H. Operasi Sajam di lakukan dengan cara mobile di sepanjang jalur lintas Weetabula-Waikabubak guna cegat setiap pengendara, penumpang Bus dan yang berada di persimpangan atau pangkalan-pangkalan ojek yang sedang membawa sajam, atas dasar sprint Kapolres NOMOR : SPRINT / 144 /VI /PAM / 2023. 

Gabungan personel yang di terjun dalam Operasi Razia Sajam, terhitung kurang lebih 100 personel bersama semua perwira, semua bekerja sama untuk melakukan pembersihan terhadap sajam yang dibawa tanpa ijin dan tujuan yang jelas, yang di khawatirkan bisa menjadi ancaman bagi masyarakat sekitar, Terhitung 78 Batang Parang berhasil di amankan saat razia berlangsung.

Kapolres menyampaikan razia ini bukan dimaksudkan untuk membatasi adat istiadat masyarakat sumba namun mengingat dengan adanya beberapa tindak pidana pembunuhan yang terjadi di wilayah SBD. Untuk itu alangkah lebih baik apabila pengunakan Sajam saat tepat yang dimana maksudkan yakni berlangsungnya pesta adat. 

Kegiatan rutin yang di tingkatkan (KRYD) guna menekan angka penganiayaan berat dengan menggunakan senjata tajam dinama korban yang mengalami penganiayaan hingga meninggal dunia. Selain melakukan penindakan, Kapolres SBD juga menghimbau kepada masyarakat untuk tidak membawa Sajam dalam aktifitas sehari hari selain berkebun dan melaksanakan  kegiatan ritual adat. 

"Kegiatan ini akan di laksanakan secara rutin sebagai upaya memperkecil terjadinya gangguan Kamtibmas di wilayah hukum Polres SBD, dalam megiatan ini Kapolres menambahkan agar Sajam yang di gunakan memang betul di peruntukan untuk acara ritual adat " (DM43).