Resmi Di Buka Open Turnamen Pacuan Kuda Kapolres SBD CUP 2023 Dalam Rangka Memeriahkan HUT Bhayangkara Ke-77

Resmi Di Buka Open Turnamen Pacuan Kuda Kapolres SBD CUP 2023 Dalam Rangka Memeriahkan HUT Bhayangkara Ke-77

TRIBRATA NEWS SUMBA BARAT DAYA : Turnamen Pacuan Kuda Kapolres SBD CUP 2023 resmi dibuka dalam rangka memeriahkan HUT Bhayangkara ke-77 
bertempat di Lapangan Pacuan Kuda  Omba Calo, Desa Karuni, Kec. Loura, Kab. Sumba Barat Daya Senin (21/08/2023).

Pemtukaan tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati SBD Marthen Kristian Taka, S.I.P., Ketua Pordasi Kab. SBD Fransiskus M. Adi Lalo, S.Sos, bersama Wakapolres SBD Kompol I Ketut Mastina, S.Sos, Pasi Ops Brimob Batalyon C Pelopor AKP I Gusty Ngurah Sastrawan, Para PJU Polres, Kepala Dinas Peternakan Kab. SBD, Para Camat Se Kab. SBD, Para Kepala Desa Se Kab. SBD, dan Ketua Bhayangkari Cab. SBD.

Pacuan kuda menjadi wahana untuk mempererat rasa persaudaraan, persatuan dan kesatuan diantara masyarakat pencinta kuda di Pulau Sumba maupun kabupaten lainnya di Provinsi Nusa Tenggara Timur, serta meningkatkan kecintaan dan kebanggaan masyarakat untuk memelihara ternak kuda yang merupakan bagian tak terpisahkan dari kehidupan dan budaya orang Sumba.

Dalam kesempatan tersebut saat pembukaan Open Turnamen, Wakil Bupati SBD menyampaikan untuk kita ketahui bahwa pulau Sumba dijuluki sebagai pulau Sandlewood / Pulau kuda Sandle tentunya kita harus berjiwa dan harus memelihara yang namanya kuda Sandle, kuda telah menjadi bagian dari kita masyarakat Sumba dan tentunya dengan adanya event pacuan kuda ini saya berharap agar budaya ini tetap bisa di lestarikan.

"Event pacuan kuda yang dilaksanakan pada hari ini merupakan rangkaian kegiatan dalam menyemarakkan HUT Bhayangkara Ke-77, oleh karena itu pacuan kuda kali ini harus benar-benar menjadi hiburan rakyat dan dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat dengan penuh kegembiraan" ungkap Wakil Bupati.

"Saya mengucapkan terima kasih yang tulus kepada para pemilik kuda dan para joki serta para penggemar pacuan kuda yang telah mengambil bagian dalam kegiatan pacuan kuda kali ini dan berharap agar seluruh masyarakat yang hadir menyaksikan pacuan kuda kali ini dapat menikmati perlombaan dengan tertib dan aman" Tambahnya.

Usai sambutan Wakil Bupati, Kapolres SBD  AKBP Sigit Harimbawan, S.H.,S.I.M.,M.H menyampaikan terima kasih banyak bagi para hadirin dan pesert lomba pacuan. event ini merupakan ungkapan syukur kepada Tuhan Yang Maha kuasa, juga wujud nyata kesatuan dalam keberagaman dimana seluruh lapisan masyarakat Sumba tanpa terkecuali, turut serta dan antusias ikut ambil bagian dalam kegiatan. Pacuan kuda sejatinya merupakan pesta rakyat dan apabila dikembangkan dengan baik bukan saja memiliki nilai budaya, namun juga nilai pariwisata serta nilai ekonomi. Mengingat pulau Sumba terkhusus Kab. SBD merupakan salah satu daerah tujuan wisata di NTT dan pengembangan pariwisata merupakan salah satu program prioritas Pemerintah Kabupaten.

"Selamat datang dan selamat bertanding. Kehadiran Bapak/Ibu telah memeriahkan kegiatan Pacuan Kuda, pacuan kuda bukanlah sekedar olahraga, namun pacuan kuda merupakan warisan budaya yang menjadi kebanggaan kita sebagai masyarakat Sumba yang dijuluki kuda Sandlewood yang patut dijaga dan lestarikan sebagai warisan leluhur" ujar Kapolres.

Kapolres SBD juga menyampaikan  Dalam Pacuan kali ini juga diharapkan penonton maupun masyarakat dapat mengenal dan menikmati tampilan budaya Sumba agar membuat masyarakat semakin mencintai budaya daerahnya. Selain itu, diharapkan event ini dapat berdampak langsung bagi sektor pariwisata khususnya dalam meningkatkan kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara di daerah SBD.

Kapolres SBD menghimbau kepada pemilik kuda pacu dan pencinta kuda pacu untuk menjunjung tinggi nilai-nilai persaudaraan sejati. Dan menjaga rasa persatuan dan kesatuan serta kembangkan semangat sportivitas sehingga turnamen pacuan kuda ini dapat mempersembahkan sebuah kompetisi yang bermutu serta dukungan dari para penonton, pemilik kuda pacu dan pencinta kuda pacu agar bersinergi dalam menciptakan keamanan dan ketertiban yang kondusif (DM43).