Peringati Hari Lahir Pancasila, Kapolres SBD Bacakan Amanat Presiden RI

Peringati Hari Lahir Pancasila, Kapolres SBD Bacakan Amanat Presiden RI

TRIBRATA NEWS SUMBA BARAT DAYA : Sebagai warga Negara Republik Indonesia yang mempedomani Pancasila sebagai dasar Negara, Polres SBD gelar upacara memperingati hari lahir Pancasila Kamis (01/06 2023) Pukul 08.00 Wita.

Dengan di Pimpin oleh Kapolres SBD AKBP Sigit Harimbawan, S.H,.S.I.K.,M.H. didampingi Wakapolres SBD bersama Wadanyon C Pelopor Sumba, para Kabag, Kasat, para Kapolsek jajaran dan gabungan Personel Polres SBD dan Brimob Batalyon C Pelopor SBD. Kapolres SBD bacakan amanat Presiden RI. 

"Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara merupakan meja statis yang menyatukan berbagai keragaman yang ada, sekaligus sebagai "bintang penuntun" (leitstar) dinamis yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara, mewujudkan masyarakat Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur".

"Pancasila digali dan lahir dari bumi Indonesia menjadi konsensus Nasional, untuk itu sudah selayaknya kita semua bangsa Indonesia mengaktualisasikan Pancasila, sehingga Pancasila senantiasa diamalkan dalam berbagai sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara".

"Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni, memiliki makna bagi rakyat dan bangsa Indonesia, tidak hanya menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara ataupun tujuan berbangsa, namun turut menjadikan Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari- hari".

"menyampaikan terima kasih dan penghormatan setinggi- tingginya kepada para founding fathers atas warisan luhur Pancasila yang kita nikmati sampai saat ini, saya juga ingin menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh generasi penerus bangsa yang telah menanamkan pemahaman dan pengamalan Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara".

"Semoga melalui peringatan Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni 2023 ini dapat lebih meningkatkan kinerja, membuat prestasi, membuat terobosan, dan menumbuhkan pembaharuan di tahun 2023 dan di tahun-tahun yang akan datang".

Usai bacakan amat Presiden RI, Kapolres SBD Juga tidak lupa untuk memberikan semangat atas hari lahir Pancasila semoga dengan tema "Bergotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global" agar dapat terwujud dengan kemakmuran dan cinta akan sesama (DM43).