Aksi Evakuasi Ibu Jumariati Yang Usai Melahirkan Di Atas Kapal Penumpang Oleh Sinergitas TNI-Polri Bersama Petugas Kesehatan Puskesmas Watu Kawula

Aksi Evakuasi Ibu Jumariati Yang Usai Melahirkan Di Atas  Kapal Penumpang Oleh Sinergitas TNI-Polri Bersama Petugas Kesehatan Puskesmas Watu Kawula
Kanit Polairud AIPDA AIPDA Muhamad Ali Akbar pada saat proses evakuasi ibu Jumariati yang baru saja melahirkan di atas kapal bertempat Dermaga Waikelo, Kec. Kota Tambolaka, Kab. Sumba Barat Daya Rabu (08/09/2021) Pukul 02.00 Wita.

TRIBRATA NEWS SUMBA BARAT DAYA : Aksi evakuasi ibu Jumariati usai melahirkan di atas Kapal Sabuk Nusantara 49 oleh Kanit Polairud  Polres Sumba Barat Daya AIPDA Muhamad Ali Akbar Bersama Personel kodim 1629/SBD dan Tenaga Kesehatan Puskesmas Watu Kawula bertempat Dermaga Waikelo, Kec. Kota Tambolaka, Kab. Sumba Barat Daya Rabu (08/09/2021) Pukul 02.00 Wita.

 Saat itu Ibu Jumariati melakukan perjalanan laut dari Bima NTB Kembali ke Sumba Barat Daya NTT menggunakan Kapal dengan waktu perjalanan 10 jam, saat kapal sandar di Dermaga Waikelo saat itu juga ibu Jumariati menjerit kesakitan sebagai tanda bawah ibu Jumariati  akan segera melahirkan dan juga usia kehamilannya sudah masuk bulan ke-9.

Karena tidak ada waktu untuk dapat menempuh jarak dari Dermaga Waikelo ke Puskesmas Watu Kawula yang jaraknya  sekitar 5 Kilo, di tambah lagi ibu Jumariati yang menjerit kesakitan, maka ABK kapal tersebut datang ke Pos KP3 laut Dermaga untuk meminta bantun serta menghubungi petugas Kesehatan untuk dapat membantu persalinan ibu Jumariati.

Tak butuh waktu lama Tenaga Kesehatan dari Watu Kawula bersama dengan Personel Kodim 1629/SBD tiba di dermaga tepat pada  Kapal tersebut bersandar dengan upaya mengunakan jembatan darurat untuk akses jalan bagi AIPDA Muhamad Ali Akbar bersama satu Personel Kodim dan petugas Kesehatan naik ke atas kapal.

Melihat keadaan dari ibu Jumariati yang sudah menjerit kesakitan dengan situasi tempat yang ada serta alat bantu persalinan oleh petugas Kesehatan untuk menjalankan kewajibannya sebagai spesialis persalinan dan di bantuh AIPDA Muhamad Ali Akbar dengan membuatkan air gula kepada ibu Jumariati serta  mengambil alat potong tali pusat untuk petugas Kesehatan.

Alhasil dengan upaya dari Sinergitas TNI-Polri bersama petugas Kesehatan anak dari ibu Jumariati lahir dengan sempurna, setelah persalinan petugas kesehatan terlebih dahulu mengevakuasi anak dari ibu Jumariati, setelah ibu Jumariati di di gendong oleh AIPDA Muhamad Ali Akbar melalui jembatan darurat yang sudah di siapkan, sesudah evakuasi ibu Jumariati langsung di larikan ke Puskesmas Watu Kawula untuk perawatan lebih lanjut.

Sebelum ibu Jumariati di bawah ke Puskesmas ia sampaik ucapan terima kasih banyak kepada semua petugas terutama AIPDA Muhamad Ali Akbar yang telah membantuh persalinan dan evakuasi dari kapal (DM43).