Polres SBD Terjunkan 210 Gabungan Personel TNI-POLRI Pengamanan Ritual Adat Pasola

Polres SBD Terjunkan 210 Gabungan Personel TNI-POLRI Pengamanan Ritual Adat Pasola

TRIBRATA NEWS SUMBA BARAT DAYA : Berikan keamanan dan kenyamanan dalam melestarikan budaya leluhur Pasola, yang berlangsung di lapangan Pasola Kampung Ratenggaro Desa. Maliti Bondo Ate, Kec. Kodi Bangedo, Kab. Sumba Barat Daya Senin (13/03/2023) Pukul 08.00 Wita.

Pelaksanaan pengamanan di Pimpin langsung oleh Kapolres SBD AKBP Sigit Harimbawan, S.H.,S.I.K.,M.H. dan di dampingi Wakapolres SBD KOMPOL I Ketut Mastina, S.Sos. Bersama Danki 1 Brimob Batalyon C Pelopor SBD dan Pasi Log Kodim 1629/SBD, Danramil 02 Kodi, Para PJU Polres dan Brimob serta Kapolsek Jajaran.

Terhitung mulai 13 s/d 15 Maret 2023 dengan 210 gabungan Personel TNI-POLRI  pengamanan selama pelaksanaan budaya adat Pasola berlangsung Kapolres SBD tekankan pada semua Personel yang terlibat agar dapat menjaga kesehatan tubuh mengingat pelaksanaan pengamanan ini akan berlangsung selama 3 (Tiga) hari.

“Mari bersama kita berikan kenyamanan dan keamanan dalam melestarikan budaya leluhur yang di laksanakan turun temurun oleh masyarakat SBD dengan pesta adat Pasola yang merupakan ritual Marapu untuk kemakmuran dan hasil panen yang melimpah” Ujar Kapolres SBD. 

“Dalam pelaksanaan pesta adat Pasola tentunya tidak luput dari banyaknya masyarakat yang ikut serta menyaksikan jalannya Pasola, untuk itu di harapkan gabungan Personel TNI-POLRI berikan  pengamanan dan pemantauan terhadap warga masyarakat yang menyaksikan langsung jalannya pesta adat Pasola untuk  mencegah adanya kejadian yang tidak di inginkan” tambahnya.

Tidak hanya itu, Polres SBD juga telah menyiapkan pos penyekatan yang di bagi menjadi 2 (dua) bagian guna mencegah para penonton yang membawa senjata tajam saat menyaksikan pesta adat Pasola.

Dengan di koodinir oleh Kabag Ops Polres AKP Marselinus Hale untuk di perhatikan dan menjalankan tugas  Pengamanan serta memberikan dedikasi selama pesta adat Pasola berlangsung untuk terciptanya kenyamanan yang kondusif bagi masyarakat yang ada di tempat Pasola (DM43).