Meningkatkan Harkamtibmas Jelang Pemilu Serentak 2024, Polres SBD Gelar Apel Satkambling

Meningkatkan Harkamtibmas  Jelang Pemilu Serentak 2024, Polres SBD Gelar Apel Satkambling

TRIBRATA NEWS SUMBA BARAT DAYA : Upaya cipta harkamtibmas dalam menghadapi Pemilu serentak 2024 melalui pengamanan Swakarsa yang di dukung oleh masyarakat agar terwujunya kamtibmas yang kondusif.

Rabu (21/06/2023) Pukul 08.00 Wita bertempat di lapangan apel Polres SBD, Kapolres SBD AKBP Sigit Harimbawan, S.H.,S.I.K.,M.H. Pimpin apel Satkambling bersama Wakapolres SBD Kompol I Ketut Mastina, S.Sos. dan PJU Polres dengan di hadiri Dandim 1629/SBD Letkol Czi, Novi Kurniawan, ST. , Kasat Pol-PP Kab. SBD Umbu Remu Samapaty,  Pasi Ops Batalion C AKP Sastrawan dan para undangan lainya.

Dalam upacara Kasat Kambling, Kapolres SBD membacakan amanat Kapolri yang dimana apel yang kita laksanakan pada hari ini merupakan salah satu upaya Polri untuk mempercepat upaya Revitalisasi Satkamling. Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan semangat dan mengoptimalisasikan peran awak Satkamling dalam mengemban fungsi kepolisian terbatas guna memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat secara swakarsa.

Salah satu bentuk pengamanan swakarsa yang berada di bawah pembinaan Polri adalah Satuan Keamanan Lingkungan atau Satkamling. Kehadiran Satkamling sebagai salah satu bentuk pengamanan swakarsa yang telah diatur dalam pasal 3 ayat (1) huruf c UU No. 2 Tahun 2002 tentang Polri yang menjelaskan bahwa dalam penyelenggaraan tugas, Polri dibantu oleh kepolisian khusus, PPNS, dan bentuk-bentuk pengamanan swakarsa

Saat ini, Satkamling memiliki peran sentral dalam upaya pemeliharaan kamtibmas, terlebih kita akan menghadapi agenda nasional yaitu Pemilu dan Pemilihan serentak tahun 2024 yang mendatang.

Usai amat Kapolri Kapolres SBD menyerahan Piagam penghargaan kepada Satkamling dalam lomba Satkamling tingkat Polres Tahun 2023 dalam rangka memperingati hari Bhayangkara KE - 77 dengan 3 desa sebagai pemenang yakni Juara 1 Desa Rada Mata, Juara 2 Desa Kalena Wanno dan Juara 3 Desa Weelonda (DM43).