Kawin Tangkap : Polres SBD Berhasil Amankan 4 Pelaku

Kawin Tangkap : Polres SBD Berhasil Amankan 4 Pelaku

TRIBRATA NEWS SUMBA BARAT DAYA : Menanggapi berita viral di media sosial terkait adanya "Kawin Tangkap" atau Padeta Mawinne dalam bahasa Sumba yang merupakan salah satu dari tradisi masyarakat Sumba, bersama gabungan personel Polres SBD dan  Polsek Wewewa Barat mengambil sigap menelusuri berita tersebut.

Kamis (07/09/2023) Pukul 14.00 Wita bertempat dikampung Erunaga Desa Weekurra, Kec. Kota Tambolaka, Kab. SBD, gabungan personel yang di Pimpin oleh Kapolsek Wewewa Barat Iptu Bernardus Mbliki Kandi, S.H. Di dampingi Kanit Intel Sosbud Res SBD
Yosua Hengki Bili berhasil mengamankan mengamankan 4 tersangka dengan inisial YT (20) yang mau di kawinkan bersama orang tua kandung LP (50), juru bicara (45) dan Sopi kendaraan Picup HT (25).

Berdasarkan beredarnya postingan Kawin Tangkap di salah satu akun Facebook milik RD dan investigasi 
dengan fakta-fakta yang di dapati melalui keterangan dari korban berinisial DM (20) berawal pada pukul 10.00 Wita korban berada di rumahnya di kampung belakang, beberapa saat kemudia paman dari korban datang kerumah untuk memberitahukan kepada korban bahwa terjadi keributan di belakang rumah budaya, kemudian korban bersama dengan pamannya berangkat ke lokasi tersebut, sesampainya di pertigaan Wowara, Desa Waimangura, Kec. Wewewa Barat, Kab. Sumba Barat Daya paman korban turun dari kendaraan untuk membeli rokok, selanjutnya tak beberapa lama para pelaku dan rombongan sebanyak 20 orang langsung melakukan penculikan terhadap korban dan membawa korban kerumah milik pelaku yang berada di Kam. Erunaga, Desa. Weekura, Kec. Wewewa Barat, Kab. SBD.

Namun untuk tetap menjaga situasi kamtibmas tetap kondusif antar kedua bela pihak Kapolres SBD AKBP Sigit Harimbawan, S.H.,S.I.K.,M.H. Menyampaikan bahwa agar jangan cepat terpengaruh dengan informasi yang beredar, serta terus membagikan informasi yang dapat menggiring opini publik terkait masalah tersebut.

Percayakan semuanya kepada pihak Kepolisian sampai adanya kejelasan dari penyidikan pihak Polres SBD (DM43).