Jelang Pemilu 2024, Polres SBD Gelar Deklarasi Pemilu Damai

Jelang Pemilu 2024, Polres SBD Gelar Deklarasi Pemilu Damai

TRIBRATA NEWS SUMBA BARAT DAYA : Wujud nyata dalam menjaga situasi kamtibmas jelang Pemilu 2024 yang serentak dilaksanakan, Polres SBD menggelar Deklarasi Pemilu Damai bertempat di Mako Polres SBD Kamis (23/11/2023) Pukul 10.00 Wita.

Dalam Deklarasi tersebut di Pimpin langsung oleh Kapolres SBD AKBP Sigit Harimbawan, S.H.,S.I.K.,M.H., Dan dihadiri oleh yang mewakili Bupati SBD Cristofr Horo, S.H, Yang mewakili ketua kejaksaan I Gusti Putu Suda.A.S.H.,M.H. Ketua KPU SBD Mikael Bulu, S.H., Wakil Ketua DPRD  SBD H. Samsi Pua Golo, S.T, yang mewakili Dandim 1629/SBD Mayor Idris, yang mewakili ketua FKUB Kab. SBD AKP I Gede Ariada, S.Ag dan seluruh Ketua Parpol Sumba Barat Daya.

Dalam penyelenggaraan Deklarasi ini Ketua KPU Kab.SBD menyampaikan komitmen dalam menyikapi situasi Pemilu dengan mematuhi segala peraturan perudang-undangan terkait dengan pemasangan spanduk dan kampanye serta menjaga keamanan dan kenyamanan selama masa Pemilu berlangsung.

Tak lupa juga Kapolres SBD menyampaikan bahwa Pelaksanaan Deklarasi Damai ini sebagai wujud nyata dan komitmen pihak Keamanan dalam menjaga situasi Kamtibmas di wilayah Kab.SBD dan sebagai bentuk ajakan moral kepada semua pihak dalam menjaga situasi menjelang Pemilu agar tetap kondusif. POLRI akan menjaga netralitas dari proses tahapan awal Pemilu sampai tahapan akhir pemilu tahun 2024, sehingga pesta Demokrasi ini dapat berjalan dengan aman, lancar dan sukses.

"Kata Damai dalam Pemilu Damai, harus kita maknai dengan keberagaman yang ada dan sebagai wadah untuk mempersatukan kita semua. Harapannya agar semua pihak dapat menjadikan Deklarasi ini sebagai wujud persaudaraan dalam Pemilu tahun 2024 di wilayah Kab. Sumba Barat Daya dan Polri siap mengamankan Pemilu tahun 2024 sesuai dengan ketentuan yang berlaku" ungkap Kapolres SBD.

"Pemilihan umum merupakan representasi dari sistem demokrasi keterwakilan yang memungkinkan masyarakat untuk berpartisipasi langsung memilih pemimpin atau wakil rakyat untuk menduduki jabatan politik, baik di tingkat Kabupaten, Provinsi, Nasional serta Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia. Pemilihan sendiri bertujuan untuk menciptakan sistem pemerintahan yang berlandaskan pada kehendak rakyat dengan menjaga prinsip - prinsip demokrasi, mendorong partisipasi politik warga negara dan memastikan bahwa pemimpin yang terpilih mewakili kepentingan dan aspirasi masyarakat secara luas. Pemilu yang adil, bebas, dan transparan sangat penting dalam menjaga integritas dan legitimasi demokrasi bangsa Indonesia" tambah Kapolres SBD.

Akhir kata Kapolres SBD menegaskan untuk mewujudkan keteransparaan Pemilu dengan tidak memberikan ruang, waktu dan tempt pada oknum yang tidak menginginkan damai pada pelaksanaan Pemilu 2024 di kabupaten SBD, harus ada komitmen dari seluruh stakeholder dan unsur yang terkait untuk bersama - sama memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk mewujudkan Pemilu yang aman, damai dan kondusif. Selain itu juga dengan masih maraknya berita Hoax, maka seluruh stakeholder harus bersatu dalam mengcounter sehingga tidak memberikan dampak yang buruk terhadap berjalannya tahapan Pemilu Tahun 2024 (DM43).