Sebanyak 233 Gabungan Personel TNI-POLRI Siap Amankan Jalannya Pesta Adat Pasola

Sebanyak 233 Gabungan Personel TNI-POLRI   Siap Amankan Jalannya Pesta Adat Pasola

TRIBRATA NEWS SUMBA BARAT DAYA : melestarikan budaya leluhur yang di laksanakan turun temurun oleh masyarakat Sumba bagian barat dengan pesta adat Pasola yang merupakan ritual Marapu untuk kemakmuran dan hasil panen yang melimpah.

Dalam pelaksanaan pesta adat Pasola tentunya tidak luput dari banyaknya masyarakat yang ikut serta untuk menyaksikan langsung jalannya Pasola.

Dengan jumlah masyarakat yang meningkat, agar situasi kamtibmas tetap aman, nyaman dan kondusif, gabungan Personel TNI-POLRI lakukan pengamanan dan pemantauan terhadap warga masyarakat yang sedang melaksanakan upacara adat Pasola Sumba Barat Daya.

Senin (13/02/2023) Pukul 09.30 Wita bertempat Kampung Toda, Desa. Pero Batang, Kec. Kodi, Kab. Sumba Barat Daya melalui apel pengecekan pengamanan pesta adat Pasola di Pimpin langsung oleh Wakapolres SBD KOMPOL I Ketut Mastina, S.Sos dan di dampingi Kabag Ops dan didampingi Wadanyon C Pelopor SBD bersama Para PJU Polres dan Brimob serta Kapolsek Jajaran.

Dalam arahan apel pengecekan, Wakapolres menekan kepada Personel agar selalu menghimbau kepada masyarakat untuk tidak membawa senjata tajam di sekitaran tempat Pasola.

Tidak hanya itu, Polres SBD juga telah menyiapkan pos penyekatan yang di bagi menjadi 2 (dua) bagian guna mencegah para penonton yang membawa senjata tajam saat menyaksikan pesta adat Pasola.

Kabag Ops Polres SBD AKP Marselinus Hale menambahkan kepada semua Personel  Pengamanan pesta adat Pasola agar menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab sebab Pasola adalah permainan ketangkasan saling melempar lembing kayu dari atas kuda yang merupakan bagian dari upacara ritual Marapu. 

"Pasola diselenggarakan oleh orang Sumba bagian barat untuk merayakan musim tanam padi dan juga merupakan bentuk ritual untuk menghormati Marapu, mohon pengampunan, kemakmuran dan untuk hasil panen yang melimpah, segala persiapan untuk pengamanan juga kita siapkan secara baik untuk menghindari adanya hal yang mengganggu jalannya Pasola" Ujar Kabag Ops. 

Untuk itu, diharapkan kepada semua Personel Pengamanan agar dapat memberikan dedikasi  selama pesta adat Pasola berlangsung dan dapat menghadirkan kenyamanan yang kondusif bagi masyarakat yang ada di tempat Pasola (DM43).