Kapolda NTT Lepas Keberangkatan Peserta Pembaretan Baja Angkatan 48 Ke Kecamatan Kupang Barat

Kapolda NTT Lepas Keberangkatan Peserta Pembaretan Baja Angkatan 48 Ke Kecamatan Kupang Barat

TRIBRATA NEWS SUMBA BARAT DAYA : Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Johni Asadoma, M.Hum lepas keberangkatan peserta Pembaretan Bintara Remaja (Baja) Angkatan 48 tahun 2023 Direktorat Samapta (Ditsamapta) ke Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang.

Kegiatan ini ditandai dengan Upacara tradisi Pembaretan yang digelar di Lapangan Apel Mapolda NTT, Kamis (2/1/2023).

Peserta pembaretan sebanyak 230 personel ini akan melaksanakan kegiatan selama lima hari terhitung dari tanggal 2 hingga 6 Februari 2023 di wilayah Kecamatan Kupang Barat yakni, di Air terjun Oenesu, tempat rekreasi Boneana, Bumi perkemahan Oematnunu dan di Pantai Tablolong.

Selama pelaksanaan taradisi pembaretan, peserta akan melakukan serangkaian kegiatan yang dimulai dari keberangkatan (longmamarcah), kerja bakti di tempat ibadah dan tempat fasilitas umum, renungan dan api unggun, pemberian bantuan sosial ke tempat ibadah dan kepada masyarakat kurang mampu serta yang terakhir adalah upacara penutupan.

Kapolda NTT menyampaikan bahwa, upacara pembaretan ini merupakan suatu kebanggaan yang membutuhkan kerja sama, perjuangan menghadapi tantangan dan rintangan yang sudah dirancang oleh Panitia. Hali ini juga merupakan suatu upaya untuk meningkatkan semangat pengabdian, memupuk disiplin, rasa kebersamaan, kekompakan, jiwa korsa, loyalitas dan juga sebagai momentum bergabungnya Bintara Remaja Angkatan 48 di Polda NTT khususnya Direktorat Samapta (Ditsamapta).

"Selain itu, kegiatan Pembaretan ini juga merupakan suatu pembinaan tradisi guna menjunjung tinggi nilai-nilai luhur, pembinaan karakter, penanaman rasa kebanggaan dan kehormatan diri serta kecintaan terhadap korps Samapta Bhayangkara dan tentunya kepada Polri", kata Kapolda NTT.

Lanjutnya, kegiatan ini dapat menanamkan nilai-nilai Tribrata dan Caturprasetya sekaligus meningkatkan motivasi dan semangat pengabdian sebagai sosok Samapta yang Presisi.

"Tradisi Pembaretan ini bukan akhir dari penugasan, namun sebagai langkah awal dalam perjalanan karier sebagai anggota Polri khususnya pada Direktorat Samapta", jelas Jenderal bintang dua ini.

"Ini baru langkah awal, tantangan ke depan sangatlah berat, dibutuhkan ribadi-pribadi yang tangguh, kuat, berkarakter dalam menghadapi segala tantangan-tantangan tugas, dinamika sosial dan politik", pungkas Kapolda NTT.

Hadir dalam kegiatan ini, Wakapolda NTT Brigjen Pol Drs. Heri Sulistianto, Irwasda Kombes Pol. Zulkifli S.S.TmK., S.H., M.M dan para Pejabat Utama Polda NTT.