Pilkada 2024 : Antisipasi Segala Bentuk Gangguan, Polres SBD Gelar Simulasi Sispamkota

Pilkada 2024 : Antisipasi Segala Bentuk Gangguan, Polres SBD Gelar Simulasi Sispamkota

TRIBRATA NEWS SUMBA BARAT DAYA : Dalam rangka mempersiapkan pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024, Poles SBD mantapkan pengaman dengan Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota), bertempat di Lapangan Apel Kantor Bupati SBD, Kamis (22/08/2024) Pukul 09.00 Wita.

Simulasi Sispamkota digelar dengan gambaran pada saat ketika terjadinya gejolak akibat antar kubu masa yang saling terprovokasi dan bagaimana penindakan Kepolisian saat mengamankan situasi kota sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP).

Turut menyaksikan Simulasi Sispamkota Bupati SBD dr. Kornelius Kodi Mete, Ketua DPRD Kab. SBD, Ketua KPU Kab. SBD, Ketua Bawaslu Kab. SBD, Pimpinan OPD, Para PJU Polres serta jajaran Kapolsek, Batalyon C Pelopor SBD dan Kodim 1629/SBD.

Dengan di Pimpin langsung oleh Kapolres SBD AKBP Sigit Harimbawan, S.H.,S.I.K.,M.H. terlebih dahulu menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua hadirin yang hadiri dalam pelaksanaan Simulasi Sispamkota.

"Simulasi Sispamkota ini bertujuan untuk memastikan kesiapan seluruh elemen pengamanan dalam menghadapi potensi gangguan keamanan selama rangkaian Pilkada 2024. Kesiapan ini sangat penting untuk meniaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di Kabupaten SBD agar tetap kondusif selama pelaksandan Pilkada serentak 2024" Ujar Kapolres.

“Berdasarkan skenario yang diawalai situasi landai saat masa tenang, pencoblosan, perhitungan, penyampaian aspirasi masyarakat. Sebagai bentuk gambaran untuk dapat mempersiapkan diri dari berbagai aspek sehingga lebih efektif pada saat menghadapai Pilkada 2024" terang Kapolres.

Dalam hal ini dengan sinergitas TNI-POLRI dan Instansi terkait yang menunjukkan komitmen bersama dalam menjaga stabilitas keamanan selama perhelatan demokrasi berlangsung, serta pentingnya kegiatan ini sebagai bentuk antisipasi terhadap segala potensi ancaman yang dapat mengganggu proses Pilkada. Kerjasama dan keterlibatan semua pihak dalam simulasi ini, yang diharapkan dapat meningkatkan profesionalisme dan kesiapsiagaan aparat keamanan.

Dengan terlaksananya kesiapan melalui Simulasi Sispamkota ini, diharapkan pengamanan Pilkada 2024 di wilayah hukum polres SBD dapat berjalan dengan lancar, aman, dan damai, serta memberikan rasa aman kepada seluruh masyarakat yang akan menggunakan hak pilihnya (DM43).