Kampanye Para Paslon Bupati Dan Wakil Bupati Sumba Barat Daya, Polres SBD Perketat Pengamanan

Kampanye Para Paslon Bupati Dan Wakil Bupati Sumba Barat Daya, Polres SBD Perketat Pengamanan

TRIBRATA NEWS SUMBA BARAT DAYA : Demi menyukseskan pelaksanaan Pilkada tahap kampanye yang sudah berlangsung sejak tanggal 26 September 2024, Polres SBD terjunkan gabungan personelnya guna melaksanakan kegiatan Pengamanan, Pengaturan, Pengawalan dan Penjagaan kegiatan kampanye dari pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Sumba Barat Daya bertempat di Ole Milna, Desa. Wee Kombak Desa. Menne Ate, Desa. Sangu Ate dan Desa. Marokota, Kec. Wewewa Barat.

Minggu (29/09/2024) Pukul 10.00 Wita. Personel Polres SBD yang dipimpin oleh KA UKL Iptu Bernardus Mbili Kandi, S.H. Dan didampingi Kapolsek Wewewa Barat Ipda Elfridus Iku Arem, S.Sos. Bersama Kapolsek Wewewa Selatan Ipda Ketut Budiarsaja memastikan personel yang terlibat pengamanan menunjukkan profesionalisme dan kewaspadaan tingkat tinggi untuk memastikan jalannya tahapan kampanye yang tertib, tujuan dilaksanakannya pengamanan dari Kepolisian saat kampanye Bupati dan Wakil Bupati yang melibatkan beberapa aspek, untuk memastikan Keamanan dan Ketertiban umum, Kepolisian bertugas untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama kampanye agar proses politik berlangsung dengan damai dan tidak terganggu oleh tindakan kekerasan atau ancaman.

Pengamanan ini merupakan bagian dari upaya preventif yang dilakukan Kepolisian untuk memastikan kelancaran dam kenyamanan dalam tahapan kampanye yang berlangsung. Pengamanan kampanye calon Bupati dan Wakil Bupati dengan mengutamakan nilai demokrasi yang bermartabat sehingga saat penyelengaraan kegiatan kampanye berjalan lancar tanpa gangguan kamtibmas.

 Kepada Humas Polres SBD, KA UKL Iptu Bernardus Mbili Kandi, S.H. Menekankan kepada personel pengamanan pentingnya menjaga netralitas dan objektivitas dalam menjalankan tugas serta menjaga keamanan ketertiban masyarakat. 

Selain itu, tujuan pengamanan juga untuk menanggulangi potensi konflik, dengan kehadiran Polri potensi konflik antar pendukung Paslon atau kelompok dapat diminimalisirkan, guna mencegah eskalasi kekerasan. Kepolisian juga bertugas melakukan penegakkan hukum terkait pelanggaran aturan kampanye dan tindakan ilegal lainnya yang dapat mengganggu integritas proses politik.

 “Pentingnya pengamanan dalam kampanye politik adalah untuk memastikan bahwa proses demokratis dapat berjalan dengan lancar, adil, damai dan bermartabat” tutup KA UKL (DM43).