Hari Lahir Pancasila, Kapolres SBD Mengajak Semua Personel Dalam Menjunjung Tinggi Toleransi, dan Gotong Royong Menuju Indonesia Emas

Hari Lahir Pancasila, Kapolres SBD Mengajak Semua Personel Dalam Menjunjung Tinggi Toleransi, dan Gotong Royong Menuju Indonesia Emas

TRIBRATA NEWS SUMBA BARAT DAYA : Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni, Polres Tanggamus menggelar upacara peringatan dengan tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”, yang berlangsung di Lapangan Apel Polres Sumba Barat Daya, Desa Kadi Pada, Kec. Kota Tambolaka, Kab. Sumba Barat Daya Sabtu 1 Juni 2024 Pukul 08.00 WITA.

Kapolres SBD AKBP Sigit Harimbawan, S.H., S.I.K., M.H. Pimpin langsung upacara dan dihadiri oleh para Pejabat Utama Polres, para Kapolsek jajaran, personel Polres, samapai personel Polsek jajaran.

Dalam kesempatan tersebut Kapolres juga memberikan amanat kepada seluruh peserta upacara dengan menekankan tentang tema peringatan tahun ini yaitu pentingnya Pancasila sebagai jiwa pemersatu bangsa dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa. “Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi inklusivitas, toleransi, dan gotong royong,” Ujar Kapolres.

Amanat tersebut juga mengajak seluruh komponen bangsa untuk utamakan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. “Dengan semangat Pancasila yang kuat, saya yakin seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi. Terlebih, di tengah krisis global yang terjadi, Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik,” tambahnya.

Dalam penyampaian tersebut juga menyoroti pentingnya memanfaatkan teknologi informasi secara bijaksana untuk menyebarkan konten positif yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila. “Pancasila diharapkan menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan,” katanya.

Upacara ini ditutup dengan ajakan untuk terus bergotong royong merawat anugerah Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia. “Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila,” tutup Kapolres.

Melalui kegiatan ini, Polres SBD juga terus berkomitmen untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam setiap aspek tugas dan pengabdian kepada masyarakat di wilayah hukum Polres SBD serta mendukung tercapainya Indonesia Emas 2045 (DM43)