Pilkada Aman, Polres SBD Laksanakan Apel Galar Pasukan Operasi Mantap Praja Turangga 2024

Pilkada Aman, Polres SBD Laksanakan Apel Galar Pasukan Operasi Mantap Praja Turangga 2024

TRIBRATA NEWS SUMBA BARAT DAYA : Polres SBD melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja 2024 sebagai upaya pengamanan dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024 di Wilayah Hukum Polres SBD, Senin (26/08/2024) Pukul 08.00 Wita.

Apel digelar untuk mengecek kesiapan personel dan kelengkapan sarana prasarana Polri dan instansi terkait sebelum diterjunkan ke lapangan. Sehingga diharapkan semua perencanaan yang sudah dipersiapkan dapat berjalan dengan optimal guna mensukseskan pelaksanaan Pilkada 2024 yang aman dan tertib.

Dalam arahannya Kapolres SBD AKBP Sigit Harimbawan, S.H.,S.I.K.,M.H. Menyampaikan bahwa demokrasi di Indonesia telah memberikan ruang kepada masyarakat Indonesia dalam berserikat berkumpul, serta menyampaikan pendapat yang dilindungi pemerintah.

“Pilkada Serentak 2024 adalah salah satu bentuk dari kemerdekaan rakyat dalam memilih wakil rakyat maupun kepala pemerintah sehingga perlu adanya jaminan keamanan agar setiap tahapan Pilkada berjalan dengan aman,” Ujar Kapolres.

Menurutnya saat inilah peranan Polri dalam mengamankan proses Pilkada agar terhindar dari “Gangguan Kamtibnas seperti polarisasi sosial, politisasi agama, politik identitas, money politik, isu bernuansa SARA dan potensi konflik antar pendukung Pemilu perlu diwaspadai,” Tambah Kapolres.

Kapolres SBD menerangkan, berdasarkan tahapan Pilkada sampai pada saat dilaksanakan kampanye, Ia berharap Polri serta seluruh stakeholder dapat bersikap netral untuk Pilkada aman, nyaman dan lancar.

Polri menggelar operasi mantap Praja Turangga 2024, sebagai cara untuk menjaga netralitas Polri dalam pelaksanaan Pilkada serentak meminimalisir segala tindakan kontraproduktif yang justru dapat mencederai nilai nilai yang ada (DM43)