Bangun Interaksi Positif Yang Konsisten, Kapolres SBD Pimpin Apel Pengukuhan Polisi RW

Bangun Interaksi Positif Yang Konsisten, Kapolres SBD Pimpin Apel Pengukuhan Polisi RW

TRIBRATA NEWS SUMBA BARAT DAYA : Untuk mempererat hubungan antar Polri dan masyarakat dalam menciptakan situasi Kamtibmas yang Kondusif dengan berbagai pendekatan dan terobosan-terobosan yang di bangun agar terciptanya ketentraman masyarakat, hari ini telah berlangsung pengukuhan Polisi RW.

Kamis (04/05/2023) Pukul 09.00 Wita bertempat di lapangan apel Mapolsek Loura, Kapolres SBD AKBP Sigit Harimbawan, S.H.,S.I.K. M.H. Pimpin apel pengukuhan Polisi RW yang di hadiri Wakapolres SBD, Para kabag, kasat dan gabungan personel Polres hingga sampai ke Polsek, Sebagaimana mestinya hadir di tengah  masyarakat untuk dapat senantiasa menerima dan mendengarkan keluhan dan masukan dari masyarakat.

Dalam amanat Kapolres SBD menyampaikan bahwa Polisi RW berfungsi sebagai LO (LEASION OFFICIER) Polri di tiap RW sebagai lo.
Program Polisi RW merupakan program menghadirkan Polisi di tengah-tengah RW/masyarakat untuk membangun interaksi positif yang konsisten antara Polisi dan masyarakat.Tugas Polisi RW untuk mendengar, menerima, berempati, terhadap keluh kesah, keresahan, keinginan, harapan masarakat dan permasalahan di masyarakat.

Polisi RW di bentuk untuk mendeteksi dini kriminalitas di kalangan remaja hingga masalah sosial, mengawasi perkembangan Covid-19 di lingkungan RW yang saat ini sudah mereda. Filosofinya agar Polisi RW bisa berkolaborasi bersama, duduk dan peduli bersama terhadap berbagai fenomena masalah sosial yang di rasakan langsung masyarakat.

"Saya perintahkan kepada Polisi RW agar dapat berkolaborasi dengan ketua RW, Kepala Desa, Lurah, Lpm, Babinsa Dan Bhabinkambtibmas untuk membangun kerukunan sesama tetangga serta membantu menyelesaikan masalah Sehari-hari" ujar Kapolres.

Selain itu Polisi RW bisa menjadi radar informasi sehingga bisa dilakukan Penanganan lebih awal agar mampu menekan kejahatan jalanan maupun kenakalan remaja yang berujung tindakan melawan hukum.

Akhir amanat Kapolres SBD menyampaikan semoga Tuhan yang Maha Kuasa senantiasa memberikan perlindungan, kekuatan, dan keselamatan kepada kita, dalam melanjutkan pengabdian terbaik kepada masyarakat, bangsa, dan negara (DM43).