Budaya Tertib Lalu Lintas Polres SBD Gelar Operasi Patuh Turangga 2024

Budaya Tertib Lalu Lintas Polres SBD Gelar Operasi Patuh Turangga 2024

TRIBRATA NEWS SUMBA BARAT DAYA : Kepolisian Resor Sumba Barat Daya, Polda NTT, melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Turangga 2024 yang bertempat di lapangan apel Tantya Sudhirajati Polres Sumba Barat Daya, Senin (15/7/24) pukul 08.00 Wita.

Dipimpin oleh Wakapolre SBD Kompol I Ketut Mastina, S.Sos. Dan hadiri personel gabungan TNI-Polri, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan Kab SBD. Dalam pelaksanaannya, apel gelar pasukan di awali dengan pemeriksaan pasukan, dilanjutkan dengan penyematan pita tanda dimulainya operasi kepada perwakilan personel TNI-POLRI dan Dinas Perhubungan (Dishub).

Operasi Patuh Turangga tahun 2024 dilaksanakan selama 14 hari, dimulai dari tanggal 15 s.d. 28 Juli 2024 yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia dengan tema operasi “Tertib Berlalu Lintas Demi Terwujudnya Indonesia Emas, pelaksanaan Operasi Patuh Turangga tahun 2024 ini bertujuan untuk menurunkan angka pelanggaran, kecelakaan lalu lintas dan angka fatalitas korban laka serta meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

Pada pelaksanaan Operasi Patuh kali ini mengedepankan pendekatan giat edukatif dan persuasif serta humanis didukung penegakkan hukum lantas, banyaknya pelanggaran berpotensi menyebabkan kecelakaan, hal ini perlu adanya tindakan preemtif dan preventif dengan melaksanakan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat melalui penyebaran pamflet, spanduk atau media massa. Di samping itu, juga melakukan penyuluhan ke sekolah-sekolah atau komunitas-komunitas pengendara, seluruh personel yang terlibat operasi agar melaksanakan tugas Operasi Patuh Turangga 2024 dengan baik dan sesuai SOP yang berlaku.

Operasi Patuh ini juga merupakan sarana untuk mengedukasi dan mengajak masyarakat secara humanis untuk patuh dan disiplin terhadap lalu lintas.

"Tujuan utama dilaksanakan operasi ini adalah untuk meningkatkat kualitas keselamatan dan meminimalisir terjadinya kecelakaan, dan meminimalisir adanya korban kecelakaan. Dari operasi ini Polres SBD juga berkomitmen mewujudkan dan memelihara keamanan, keselamatan, ketertiban serta kelancaran berlalu lintas (kamseltibcar lantas), serta membangun budaya tertib berlalu lintas. Operasi ini akan berlangsung mulai tanggal 15 s.d 28 juli 2024 nantinya" ujar Wakapolres SBD (DM43).